Niagahoster discount up to 70%

Monday, November 17, 2014

Transportasi di Jepang Bag. 1: Kereta

Tram di Jepang

JEI cerita sedikit ah, tentang cara orang Jepang bepergian ke mana2 alias sistem transportasi Jepang.


Mungkin seluruh dunia akan bilang kalau alat transportasi favorit org Jepang adalah kereta. Jadi, pertama JEI bagi soal kereta dulu ya!


Kereta pertama kali beroperasi di Jepang pada Zaman Edo di abad ke-19, menghubungkan Tokyo dengan Yokohama. Perkembangan kereta di Jepang sangat pesat karena moda transportasi yg satu ini disukai akibat daya angkutnya yg besar & berkecepatan relatif tinggi.


Ngomong2, jaringan rel kereta di Jepang itu sambung-menyambung satu sama lain sepanjang lebih dr 27.000km dari utara sampai selatan!


Menurut data thn 2006, sistem perkeretaan Jepang melayani lbh dr 22 juta penumpang & hampir 52 juta ton barang per harinya. Dari 50 stasiun kereta tersibuk di dunia, 46 di antaranya berada di Jepang. Mayoritas kereta bertugas untuk mengangkut penumpang dr kota satu ke kota lainnya. Tapi, di kota2 besar seperti Tokyo, Yokohama, & Osaka, kereta digunakan utk mengangkut penumpang dr satu bagian kota ke bagian lainnya. Dan di luar dugaan, nggak semua kota memiliki jalur kereta bawah tanah. Beberapa kota yang punya jalur bawah tanah adalah Kyoto, Nagoya, Osaka, Tokyo, & Yokohama.


Jalur kereta dioperasikan dua pihak; Japan Railways Group (mungkin lebih terkenal dgn singkatannya: JR) yang milik pemerintah Jepang & beberapa perusahaan swasta. Ada juga jalur khusus melayani pengangkutan barang yg dikelola oleh JR Freight.


Ada beberapa jenis kereta di Jepang; shinkansen, kereta biasa, trem, dan streetcar (kereta jalanan). Khusus kereta dalam kota, ada berbagai macam, tergantung pola berhentinya. Macam2 kereta dalam kota adalah lokal, cepat, ekspres, & ekpres terbatas, masing2 dgn harga & kecepatan berbeda.


Di stasiun kota2 besar, karcis kereta dibeli di mesin & penumpang harus melalui gerbang otomatis (kaisatsuguchi) utk memasuki peron. Tapi, di stasiun2 kecil atau kota2 kecil, karcis masih dibeli dan diperiksa secara manual. Sementara kondektur kereta cuma bisa ditemui di kereta2 dgn jarak tempuh jauh yg harganya mahal, contohnya shinkansen.

Btw, khusus buat penggemar kereta, ada beberapa jalur kereta istimewa yg masih dilayani kereta api batubara klasik dengan tujuan pariwisata.

Pingin rasain serunya naik kereta di Jepang, mending sekalian belajar di sana! He he he...


Transportasi Bagian 2

Transportasi Bagian 3
Transportasi Bagian 4
Transportasi Bagian 5
Transportasi Bagian 6

Untuk informasi lebih lanjut untuk belajar di Jepang & program2 Study in Japan JEI, hubungi:

JELLYFISH EDUCATION INDONESIA (JEI)

Konsultan Belajar di Jepang

Gedung The Jakarta Post Lt. Dasar
Jl. Palmerah Barat 142-143 Jakarta 10270
Telp. (021) 5365-4610 / 11 (Senin-Jumat, 09.00-18.00)
Email: jellyfish.ina@gmail.com

Like Our Facebook Page: Jellyfish Indonesia
Follow Our Twitter: Jellyfish_INA
Google+ Page: Jellyfish Indonesia
Plurk: Jellyfish Indonesia
YouTube Channel: Jellyfish Edu-Ind
Pinterest Boards: Jellyfish Indonesia
Skype: Jellyfish-Indonesia
YM: Jellyfish.Indonesia