Niagahoster discount up to 70%

Monday, December 01, 2014

Transportasi di Jepang Bag. 5: Pesawat

Pokemon Jet legendaris yg dioperasikan oleh ANA (All Nippon Airways)
Topik kali ini adalah: PESAWAT TERBANG & BANDARA di Jepang.

Sistem transportasi udara di Jepang dinilai mirip sistem keretanya: ekstensif, andal, & aman.

Sebelum Perang Dunia II (1939-1945), penerbangan sipil sgt dibatasi tapi langsung berkembang pesat mulai thn 1970-an. Saat ini, ada 2 maskapai komersial terbesar di Jepang, yaitu Japan Air Lines (JAL) & All Nippon Airways (ANA).
Sampai thn 1986, JAL memonopoli jalur penerbangan internasional di Jepang. Bersama ANA & banyak maskapai2 kecil lainnya, JAL melayani 98 bandara (data thn 2012) yg tersebar di seluruh Jepang.
Ada juga bandara2 yg tdk termasuk dlm hitungan, yaitu 3 bandara militer AS, bandara damkar, & bandara2 khusus lainnya.

Pertahunnya, 51 juta penumpang dilayani oleh jalur internasional penerbangan Jepang (Biro Penerbangan Sipil, 2012) dengan jumlah penumpang internasional yg terus menanjak sejak thn 1975, kecuali saat Perang Teluk & wabah SARS di thn 2003. Penurunan jg terjadi stlh Peristiwa 9/11 (2001), jatuhnya Lehman Brothers (2008), & Gempa-Tsunami Tohoku (2011).

Keamanan penerbangan Jepang mengalami peningkatan drastis stlh Peristiwa 9/11 di AS, terutama terhadap pembajakan & terorisme. Sejak thn 1953, Jepang aktif dalam ICAO (International Civil Aviation Organization) & memberi dukungan juga scr finansial. Bekerja sama negara2 lain, Jepang & ICAO berusaha meningkatkan keamanan & kenyamanan penerbangan sipil.

Di Jepang, bandara dibagi dalam 4 kelas sesuai fungsinya. Bandara kelas 1 sering disebut juga dgn HUB & HUB internasional Jepang adalah Bandara Narita, Bandara Kansai, & Chubu Centrair (Nagoya) International Airport. Bandara HUB lainnya ada di kota Tokyo (Haneda), Osaka, Sapporo, dan Fukuoka.

Haneda adalah Bandara HUB domestik utama yg memegang rekor sbg bandara tersibuk di Jepang & no 4 di dunia. Haneda dilalui oleh 490 penerbangan tiap harinya & meng-handle lebih dr 60 juta penumpang tiap tahun. Jumlah itu adalah 60% dari seluruh penerbangan domestik di seluruh Jepang.
Narita adalah bandara penumpang kedua & kargo no1 di Jepang, dan ‘hanya’ no38 di dunia. Per tahunnya Narita melayani lebih dari 35 juta org penumpang (Biro Penerbangan Sipil, 2007).

Tiap maskapai diberi kebebasan untuk menentukan harga tiket, tp pemerintah punya hak veto kalau dirasa harga tersebut terlalu mahal.

Sekolah pilot penerbangan sipil di Jepang ada 3 yg terletak di Miyazaki, Sendai, & Obihiro. Tiap sekolah menerima 72 siswa per tahun dengan durasi pelatihan selama 24 bulan.

Masih ada satu lagi lho, dari seri Transportasi di Jepang ini: Bagian 6.


Transportasi Bagian 1

Transportasi Bagian 2
Transportasi Bagian 3
Transportasi Bagian 4
Transportasi Bagian 6

Belajar di Jepang paling nyaman & aman dengan program "Study in Japan" JEI. Untuk informasi lengkap, hubungi:

JELLYFISH EDUCATION INDONESIA (JEI)

Konsultan Belajar di Jepang

Gedung The Jakarta Post Lt. Dasar
Jl. Palmerah Barat 142-143 Jakarta 10270
Telp. (021) 5365-4610 / 11 (Senin-Jumat, 09.00-18.00)
Email: jellyfish.ina@gmail.com

Like Our Facebook Page: Jellyfish Indonesia
Follow Our Twitter: Jellyfish_INA
Google+ Page: Jellyfish Indonesia
Plurk: Jellyfish Indonesia
YouTube Channel: Jellyfish Edu-Ind
Pinterest Boards: Jellyfish Indonesia
Skype: Jellyfish-Indonesia
YM: Jellyfish.Indonesia