Niagahoster discount up to 70%

Monday, June 10, 2013

Belanja di Jepang Bagian 3



Bagian dalam Shimamura. Awas nggak keluar-keluar.... XD

Saatnya JEI ngomongin belanja baju! YAAAAAY  \(^o^)/
*hus, biasa aja, kalee* -_-;;

Kamu pasti sudah akrab sama fashion ala Jepang. Entah kenapa, fashion Jepang punya ciri khas tersendiri yang memisahkannya dari fashion Barat, bahkan dari negara-negara tetangganya seperti Korea Selatan dan China. Lagian, zaman sekarang, siapa yang nggak kenal Harajuku Style? Yang bukan pengamat fashion pun tahu apa Harajuku Style. Tapi, fashion Jepang yang memang terkenal bergaya cutting edge dan tiada bandingannya nggak cuma sebatas Harajuku Style lho. Masih ada banyak aliran fashion lain di Negeri Sakura ini, dari yang 'normal' sampai yang paling nyeleneh!

Mengadopsi gaya berpakaian ala Jepang di Jakarta saat ini gampang, apalagi dengan dibukanya gerai asli Jepang seperti Muji dan yang segera menyusul, Uniqlo. Duuuuh, lucu-lucunyaaaaaa.......
Yang jadi masalah sekarang adalah gimana caranya supaya bisa tetap stylish walau hidup dengan budget terbatas? Maklum lah, mahasiswa asing miskin............... *timpuk rame2*

Di Jepang, ada perusahaan pakaian bernama Shimamura Group. Buat yang bisa baca huruf hiragana, nama perusahaan ini akan sering ditemui pada seragam para atlit nasional Jepang.
Nah, mereka punya lebih dari 1800 cabang di seluruh Jepang yang besarnya kira-kira setengah hipermarket yang biasa kita temui di Indonesia dan isinya............. PAKAIAN! Maa, nggak cuma pakaian sih, ada sepatu, kaus kaki, pakaian dalam, kasur, bantal, selimut, handuk, keset........ BANYAK DEH!!!
Jadi ingat kekalapan dan kekhilafan yang terjadi waktu pertama kali diajak senior belanja ke Shimamura..... Hahahaha.....
Dari luar, memang bangunan Shimamura nggak semegah mall di Indonesia, tapi jangan khawatir karena selain lengkap, model barang2 yang dijualnya tetap up-to-date, dan yang paling penting, harganya relatif murah! Tambah lagi, tersedia ukuran XS sampai 4L! Makanya, banyak orang bule yang belanja di toko ini.
Jadi, bergaya selama kamu belajar di Jepang nggak jadi masalah! Tinggal tanya ke senior, guru sekolah, atau tetangga, di mana cabang Shimamura terdekat.

Biar begitu, kamu harus tetap hati-hati waktu mau belanja baju, terutama untuk pakaian dalam, karena standar ukuran tiap merek dan negara itu berbeda. Nggak usah malu untuk bolak-balik ke ruang ganti untuk mencoba pakaian yang pas sama kamu. Begitu ketemu satu merek atau ukuran yang pas di badan dan di kantong, hafalkan atau tulis di buku notes atau smartphone-mu biar lain kali kamu mau belanja lagi, nggak perlu terlalu banyak mencoba.

Terus, karena di Jepang ada empat musim, gaya berpakaian dan warna secara umum dari pakaian orang Jepang pun berubah seiring pergerakan musim. Nggak terlalu signifikan sih, jadi nggak akan terasa kalau nggak benar-benar diperhatikan. Dan bukan cuma sekadar dari baju tipis untuk musim panas berganti ke baju tebal untuk musim dingin lho. Nah, kita bisa pergunakan ini juga lho.
Biasanya, baju musim panas akan diobral begitu memasuki musim gugur, baju musim gugur diobral di musim dingin, dst. Makanya, terciptalah rumus berbalik "baju musim panas di musim dingin, baju musim dingin di musim panas" *halah!*

Tips berikut mungkin lebih tepat kalau disebut saran. Nggak usah beli item fashion musim dingin terlalu banyak (kecuali untuk winter gear, seperti celana dalam long john), sebaliknya pusatkan belanjaanmu pada baju musim semi atau musim panas. Itu sebabnya, saran di atas diikuti dengan tips ini: belajar mix-and-match dari sekarang!
Kenapa??? Kamu tetap bergaya POL di musim panas, tapi bisa tetap hemat karena baju lucu musim panasmu itu bisa tetap dipakai walau di musim dingin (dengan sistem tumpuk plus dibantu over coat khusus winter)! Belum lagi kalau setelah masa studi di Jepang kamu harus pulang ke Indonesia, baju musim panasmu masih bisa dipakai juga untuk dandan abis-abisan di Indonesia.
Betewe, nggak perlu khawatir hasil mix-and-match ciptaanmu jadi aneh. Terus terang, banyak yang dandanannya lebih aneh kok. Orang Jepang umumnya nggak terlalu peduli sama orang yang bergaya nggak umum. Well, kecuali yang benar-benar kelewat ekstrem, seperti gaya Lolita....... ^_^;;

Hmm..... Apalagi yah?
Tas, topi, sepatu, sarung tangan, syal, kaus kaki, dan aksesoris berbahan kain lainnya juga bisa sekalian kamu borong di Shimamura. Aksesoris cewek seperti kalung dan anting juga ada lhooo...

Oh iya, bergeser ke alat-alat rumah tangga yang berbahan kain......
Di Shimamura, kamu juga bisa beli selimut, seprai, keset, dan lain-lain. Beli saja sesuai keperluan. Misalnya, beli saja seprai 2-3 set, pokoknya sekadar punya ganti selama yang kotor dicuci. Atau pastikan kamu memang butuh selimut ekstra buat musim dingin atau nggak. Hal yang senada berlaku untuk item-item lainnya; handuk, keset, sarung bantal, dsb.

Ada satu hal ekstra yang perlu kamu pertimbangkan sebelum membeli pakaian dan aksesoris, yaitu moda transportasi yang kamu gunakan untuk hilir-mudik di Jepang.
Kalau kamu naik sepeda, usahakan untuk tidak membeli barang-barang yang bisa mengganggu mobilitasmu dengan sepeda. Contohnya, memakai jaket atau membawa tas dengan aksesoris menjuntai yang berisiko membelit ke jeruji roda. Sudah cantik-cantik dandan, kan nggak seru kalau jatuh dari sepeda gara-gara baju atau tas sendiri.

Terakhir..............
Sebenarnya toko murah meriah nggak cuma Shimamura. Ada banyak toko lain, yang berukuran besar maupun yang kecil. Kamu tinggal tanya ke orang yang sudah lama tinggal di sana. Bisa juga jadi alasan untuk sekadar jalan-jalan 'kan?


Belanja di Jepang Bagian 1
Belanja di Jepang Bagian 2

Untuk informasi mengenai program "Study in Japan", hubungi:

JELLYFISH EDUCATION INDONESIA (JEI)

Konsultan Belajar di Jepang

Gedung The Jakarta Post Lt. Dasar
Jl. Palmerah Barat 142-143 Jakarta 10270
Telp. (021) 5365-4610 / 11 (Senin-Jumat, 09.00-18.00)
Email: jellyfish.ina@gmail.com

Like Our Facebook Page: Jellyfish Indonesia
Follow Our Twitter: Jellyfish_INA
Google+ Page: Jellyfish Indonesia
Plurk: Jellyfish Indonesia
YouTube Channel: Jellyfish Edu-Ind
Pinterest Boards: Jellyfish Indonesia
Skype: Jellyfish-Indonesia
YM: Jellyfish.Indonesia



Biar murah, tetap lucu kan?
Hadeeeeeh, pengen sepatu boots-nya!!! T_T
Penampakan Shimamura dari luar