JLPT alias Noryoku Shiken



Saat melihat deretan persyaratan untuk masuk perguruan tinggi Jepang, teman2 JEI pasti bakal nemuin tulisan 'pemegang sertifikat N2' atau 'lulus N2' di antaranya.
Kalau mau mendaftar ke perguruan tinggi di negara berbahasa Inggris, ada TOEFL atau IELTS dalam jajaran persyaratannya kan?
Lantas, N2 itu apa? Hubungannya sama TOEFL atau IELTS???
Nah, N2 ini kependekan dari 'Nihongo Noryoku Shiken Level 2', sejenis tes kemampuan berbahasa Jepang seperti si TOEFL atau IELTS itu yang diikuti ratusan ribu orang di seluruh dunia secara serentak! ^^

Nihongo Noryoku Shiken atau JLPT (Japanese Language Proficiency Test) pertama kali diadain tahun 1984 karena munculnya kebutuhan standarisasi dalam bahasa Jepang untuk penutur asing. Ujian ini diadakan dua kali setahun di Jepang dan di beberapa negara yang ditunjuk, atau sekali dalam setahun di beberapa negara lainnya. Dari peserta pertamanya yang 7000 orang, peserta JLPT tahun 2010 di seluruh dunia ada 610.000 orang!

Tadinya, JLPT cuma ada empat level yang mencakup pengetahuan berbahasa serta kemampuan membaca dan menyimak; N1 level tertinggi dan N4 level terendah. Tapi, sejak tahun 2010, satu level ditambahkan di antara N2 dan N3.
N4 & N5 diharapkan sudah bisa membaca & menulis kanji tingkat dasar, juga terlibat dalam percakapan mudah, sedangkan Level 3 & 2 ditargetkan sudah bisa terlibat dalam percakapan sehari-hari.
JLPT Level 1 sering dijadikan tolak ukur untuk orang-orang yang berniat terjun ke dunia profesional di Jepang, seperti kedokteran, bisnis, keperawatan, dll.

Di Jepang, penyelenggara JLPT itu Kementerian Pendidikan Jepang dan Japan Foundation yang jadi penyelenggara di luar Jepang dengan dibantu panita khusus. Durasi ujiannya sekitar 105 menit (N5) - 170 menit (N1), lalu hasil nilai dan sertifikat akan dikirimkan 2-3 bulan sesudahnya.

Nah, alasan semua calon mahasiswa perguruan tinggi Jepang harus masuk ke SBJ (Sekolah Bahasa Jepang) dulu adalah si JLPT ini karena semua SBJ punya program persiapan ikut ujian JLPT; latihan mendengarkan, lahitan membaca, menulis kanji, dsb.
Begit-chuuuuuu

Jadi, sabar2 aja dulu, belajar bahasa Jepang yang rajin di SBJ, ikut JLPT dan lulus, abis itu resmi deh jadi mahasiswa asing di Jepang! he he he he he........

Untuk informasi mengenai program "Study in Japan", hubungi:

JELLYFISH EDUCATION INDONESIA (JEI)

Konsultan Belajar di Jepang

Gedung The Jakarta Post Lt. Dasar
Jl. Palmerah Barat 142-143 Jakarta 10270
Telp. (021) 5365-4610 / 11 (Senin-Jumat, 09.00-18.00)
Email: jellyfish.ina@gmail.com

Like Our Facebook Page: Jellyfish Indonesia
Follow Our Twitter: Jellyfish_INA
Google+ Page: Jellyfish Indonesia
Plurk: Jellyfish Indonesia
YouTube Channel: Jellyfish Edu-Ind
Pinterest Boards: Jellyfish Indonesia
Skype: Jellyfish-Indonesia
YM: Jellyfish.Indonesia