Niagahoster discount up to 70%

Thursday, January 22, 2015

Hantu-Hantu Jepang



Konnichiwa! Sebenarnya, ini isi dari KulTwit JEI waktu Halloween tahun lalu. Abis di-pikir2, posting di sini juga deh, siapa tau ada teman2 JEI yang belum baca! ^^
Tentang apa tuch? Hantu2 atau, lbh tepatnya, makhluk2 supranatural ala Jepang!

Sama kayak di Indonesia, para makhluk supranatural di Jepang ada yang berbahaya, ada yg cuma sekadar usil. Ada jg yg menggentayangin satu org atau satu tempat tertentu aja.
Sebutannya pun beragam: yurei, yokai, obake, bakemono, dst. Tapi JEI akan cerita yg udah ngetop aja yah.

Kappa adalah monster air yang punya cekungan berisi air di kepalanya & doyan makan timun (hahaha, gak nyambung ya?) Kappa suka usil & brutal, tapi lucunya sangat sopan! Jadi, kalo mau lagi diincar kappa krn mau dimakan, kamu harus buru2 membungkuk padanya. Waktu dia balas membungkuk, air di kepalanya akan tumpah & bikin dia lemah, dan di saat itulah baru kamu kabur!

Noppera-bo itu hantu yg wujudnya mostly manusia tp tanpa wajah! Noppera-bo yg suka usil ini ‘cuma’ akan meniru wajah seseorang sblm akhirnya nunjukkin wajahnya yg... nggak ada! XD

Org Jepang percaya roh mereka yg sudah mati harus beristirahat dgn tenang. Dgn diberi pemakaman & makam yg sesuai, roh itu akan berada bersama para leluhur & melindungi yg masi hidup. Tapi kalo gak dimakamkan dgn baik, atau org itu tewas mengenaskan, rohnya akan gentayangan dan menjadi yūrei. Walau ada yg lantas jd roh pembalas dendam, ada juga yg jadi pelindung anak2nya & suka kasih permen.

Penampakan zashiki-warashi spt anak berusia 5-6 thn, berambut bob, & berwajah merah. Dia suka tinggal di rumah tua yang besar & terawat. Konon, keberadaannya membawa keberuntungan bagi keluarga yg rumahnya dia tinggali. Karena sifatnya yg kayak bocah, zashiki-warashi suka sekali berbuat nakal, walau hanya sebatas mengganggu.

Teman2 yg mengikuti kisah manga-anime "NARUTO" pasti tahu yg satu ini. Kitsune, yg berarti rubah, adalah pendamping & kurir Dewa Inari dgn jumlah ekor sbg penunjuk usianya. Kecerdasan & ilmu sihir kitsune meningkat seiiring usia, tapi jumlah ekor maksimalnya adalah 9 bh. Walau sering dicap penipu, kitsune jg dikenal sbg pelindung, teman, kekasih, atau pasangan setia.

Nurikabe adalah hantu berbentuk tembok di malam hari yg membuat para pelancong tersesat sampai mati. Trik supaya nurikabe hilang: ketok bagian kiri bawahnya. Kalau nggak, kamu nggak bakal bisa pulang lho!

Bola api yg hanya muncul tengah malam & merupakan roh org yg sudah mati dalam budaya Jepang disebut hitodama. Biasanya kelihatan wara-wiri di atas pemakaman, kadang hidotama muncul di hutan & bikin org tersesat.

Namazu merupakan ikan lele jadi2an raksasa yg tinggal dlm lumpur di bwh kepulauan Jepang. Namazu selalu dijaga oleh seorg dewa dgn menggunakan sebongkah batu besar. Saat si dewa lengah, Namazu akan menggeliat & menyebabkan gempa.

Mungkin ini salah satu makhluk supranatural paling terkenal dari Jepang, yaitu Ten'gu. Berwujud setengah manusia-setengah burung pemangsa dengan hidung merah-panjang, Ten'gu digambarkan memegang kipas bulu. Awalnya dia dipercaya sbg jin perusak & pembawa perang, tapi skrg Ten'gu dianggap sbg jin pelindung gunung & hutan, walau tetap dinilai berbahaya.

Taka-onna adalah hantu wanita yg tubuhnya bisa memanjang utk mengintip isi rumah di lt. 2. Perempuan buruk rupa yg tukang iri & gak disukai laki2 katanya akan jd taka-onna stlh meninggal... -_-;;

Sudah takut? Berarti waktunya bubaran...
Masih kurang? Belajar ke Jepang aja, siapa tau ketemu langsung! Ha ha ha...

JELLYFISH EDUCATION INDONESIA (JEI)

Konsultan Belajar di Jepang

Gedung The Jakarta Post Lt. Dasar
Jl. Palmerah Barat 142-143 Jakarta 10270
Telp. (021) 5365-4610 / 11 (Senin-Jumat, 09.00-18.00)
Email: jellyfish.ina@gmail.com

Like Our Facebook Page: Jellyfish Indonesia
Follow Our Twitter: Jellyfish_INA
Google+ Page: Jellyfish Indonesia
Plurk: Jellyfish Indonesia
YouTube Channel: Jellyfish Edu-Ind
Pinterest Boards: Jellyfish Indonesia
Skype: Jellyfish-Indonesia
YM: Jellyfish.Indonesia


Kappa

Noppera-bo

Yūrei

Kitsune

Nurikabe

Hitodama

Namazu

Ten'gu

Zashiki-warashi

Taka-onna