Niagahoster discount up to 70%

Monday, May 13, 2013

Apato di Jepang Bag 3: Menata Apato Mungil

 

"6 jo? Sempit banget..."

Tenang, dong! Asal tahu cara menata dan mengakalinya, apato sempit pun bisa tetap terasa 'home sweet home'. Lumayan seru, lho, mencari cara supaya tempat yang kecil bisa nyaman. Apalagi kalau nanti pakai 'aksi pemulung' segala! Ha ha ha ha ha....

Prinsip utamanya adalah pemilihan furnitur yang tepat dan memanfaatkan setiap inci, segala sisi, serta semua sudut. Makanya, jangan sampai kamu punya terlalu banyak barang karena nanti nggak muat!


Dan biasanya untuk mendandani apato nggak hanya makan waktu beberapa jam atau hari. Bahkan ada yang butuh waktu berbulan-bulan sampai si apato tampak sesuai keinginan penghuninya. Kenapa sampai begitu? Karena furnitur yang tepat nggak selalu bisa ditemukan semudah atau secepat yang kita mau. Entah warnanya nggak masuk, ukurannya nggak pas, atau harganya nggak cocok. Pokoknya kudu ekstra sabar untuk bisa menata apato jadi 100% seperti yang kita mau.
Langkah pertama adalah mengenali seluk-beluk apato barumu. Setiap lekukan, semua sudut, rak pada dinding, oshi-ire, gerakan pintu, jendela, pelajari semuanya, jadi kamu sudah bisa memperkirakan alat rumah tangga apa yang akan kamu butuhkan.

Nah, untuk furniturnya, tentukan dulu satu atau dua item terbesar akan diletakkan di mana dan dalam posisi bagaimana. Misalnya, kulkas dua pintu ukuran sedang dan meja makan kecil.

Usahakan semua furnitur milikmu bisa berfungsi ganda. Kolong ranjang bisa dijadikan tempat menyimpan kotak-kotak besar berisi jaket musim dingin, selimut ekstra, dan lain-lain. Rak buku tak hanya untuk menyimpan buku-buku sekolah, tapi juga untuk meletakkan TV dan menyimpan tas.

Setelah itu, pilih yang ukurannya kecil untuk furnitur atau peralatan lainnya. Meja pendek untuk makan dan belajar, panci dan wajan kecil, dan seterusnya.
Sisanya tergantung dari kreatifitasmu. Kalau kamu suka mendandani apato sedemikian rupa, kunjungi berbagai 100¥ shop (baca: hyaku-en shop; hyaku: seratus, en: yen; toko yang 90% itemnya dihargai 105 yen) yang banyak tersebar di seluruh kota di Jepang, tempat kamu bisa temukan berbagai pernak-pernik untuk mendekorasi apato dengan harga cukup terjangkau, dari yang praktis sampai yang super lucu! Bahkan jajanan lucu pun ada. Tapi, hati-hati kalap, ya...

Jangan terpaku pada space di lantai yang nggak luas. Dinding apato biasanya tidak terbuat dari tembok bata, jadi kamu bisa bereksperimen dengan merambah ke dinding!

Contohnya, tanamkan pengait-pengait kecil di dinding dapur untuk menggantung peralatan masak. Terus, daripada beli lemari pakaian, maksimalkan pemakaian oshi-ire dengan menggunakan kotak-kotak berukuran sedang yang mudah ditata untuk menyimpan baju dalam dan kaus kaki, serta menginstal tiang portabel dalam oshi-ire untuk menggantung kemeja dan jas.

Mau lebih terkesan artistik atau cantik? 'Kan, banyak majalah online tentang menata apato mungil yang gayanya bisa kamu contek!

Pokoknya, ada sejuta cara untuk mengakali space yang kecil itu. Kuncinya cuma satu, SABAR!


Apato di Jepang Bagian 1
Apato di Jepang Bagian 2

Untuk informasi mengenai program "Study in Japan", hubungi:

JELLYFISH EDUCATION INDONESIA (JEI)

Konsultan Belajar di Jepang

Gedung The Jakarta Post Lt. Dasar
Jl. Palmerah Barat 142-143 Jakarta 10270
Telp. (021) 5365-4610 / 11 (Senin-Jumat, 09.00-18.00)
Email: jellyfish.ina@gmail.com

Like Our Facebook Page: Jellyfish Indonesia
Follow Our Twitter: Jellyfish_INA
Google+ Page: Jellyfish Indonesia
Plurk: Jellyfish Indonesia
YouTube Channel: Jellyfish Edu-Ind
Pinterest Boards: Jellyfish Indonesia
Skype: Jellyfish-Indonesia
YM: Jellyfish.Indonesia



Kalau ditata dengan oke, nggak terlalu kelihatan sempit, 'kan?
Contoh kotak-kotak kecil tempat kamu bisa menyimpan benda-benda kecil,
seperti alat tulis, kabel-kabel gadget, kosmetik, dll
Kotak berukuran sedang bisa untuk baju dalam, kaus kaki, dsb
Kotak besar di kolong ranjang untuk menyimpan selimut ekstra, seprai,
jaket musim dingin, setrika, dll
Salah satu cara untuk mengakali dapur: gantung panci-panci kecilmu
juga peralatan masak lainnya! ^^
Rak kecil untuk bumbu masak juga bisa 'manjat' di dinding
Berbagai peralatan rumah tangga yang bisa kamu temukan di 100¥ shop