Niagahoster discount up to 70%

Friday, May 03, 2013

Tren "My Hashi"

Mungkin Jepang adalah salah satu negara yang paling giat dan serius melaksanakan gerakan 'Go Green' atau 'Eco-life' di seluruh dunia. Pembuangan sampah menurut jenisnya, diet kantong plastik, penciptaan berbagai teknologi dengan cap ramah lingkungan, daur ulang, dan masih banyak lagi.

Nah, tren ini sebenarnya sudah lama digaungkan di Jepang, tapi nggak ada salahnya kita bahas sekarang, 'kan?

"My Hashi" secara harafiah berarti 'sumpitku'. Tapi, maksudnya di sini adalah mengurangi pemakaian warihashi (sumpit sekali pakai yang sebelumnya harus dipisahkan lebih dulu) dan mendorong orang Jepang untuk membawa sumpitnya sendiri dari rumah.

Lho, memangnya kenapa?

Menurut sebuah data, Jepang menghabiskan 25 JUTA pasang sumpit dalam setahun! Itu sama dengan 200 pasang per orang! Kebayang, dong, berapa banyak pohon dan dikorbankan untuk memenuhi kebutuhan itu!? Tambah lagi, sebagian besar waribashi yang diimpor dari China sekarang harganya sudah naik. Makanya, pemerintah Jepang terpikir untuk mencanangkan gerakan "My Hashi" ini.

Warga Jepang pun disarankan untuk membawa sumpitnya sendiri dari rumah saat pergi makan di warung, kedai minum, atau restoran. Tempat-tempat makan pun beralih menyediakan sumpit yang bisa dicuci untuk digunakan lagi, walau masih menyediakan waribashi buat tamu-tamu yang kesulitan menjepit ramen yang badung. Bahkan ada warung makan atau kedai minum yang menyediakan semacam loker khusus untuk para langganan setianya menitipkan sumpit mereka masing-masing.

Dan..........
Namanya juga Jepang, sumpit pun dijual dengan desain dan warna yang menarik, termasuk untuk penyimpanannya! Warna mencolok atau desain tradisional yang sederhana, tinggal pilih, deh!

Ja, kamu suka my hashi yang mana???


Untuk informasi mengenai program "Study in Japan", hubungi:

JELLYFISH EDUCATION INDONESIA (JEI)

Konsultan Belajar di Jepang

Gedung The Jakarta Post Lt. Dasar
Jl. Palmerah Barat 142-143 Jakarta 10270
Telp. (021) 5365-4610 / 11 (Senin-Jumat, 09.00-18.00)
Email: jellyfish.ina@gmail.com

Like Our Facebook Page: Jellyfish Indonesia
Follow Our Twitter: Jellyfish_INA
Google+ Page: Jellyfish Indonesia
Plurk: Jellyfish Indonesia
YouTube Channel: Jellyfish Edu-Ind
Pinterest Boards: Jellyfish Indonesia
Skype: Jellyfish-Indonesia
YM: Jellyfish.Indonesia